Senin, 13 Januari 2020

Sum, Average, Max, Min dan Count Itu Apa? Cara Menggunakan Formulanya?

Mengelola tabel di Microshoft Excel tanpa menggunakan rumus ibaratkan kita makan tanpa garam. Yups betul, hambar, tanpa rasa. Tapi sebenarnya apa pentingnya menggunakan rumus? Yang pasti adalah ke-akuratan dalam perhitungan data. Selain itu, efektifitas pekerjaan tanpa harus menghitung secara manual. Cukup satu rumus, perubahan apapun yang ada didalamnya, hasil akan menghitung sendiri. Mudah kan? Bagaimana cara menggunakannya? 

Fungsi Sum, Average, Max, Min dan Count

Sum

Berfungsi untuk menghitung angka pada range tertentu. Sum lebih efektif digunakan apabila cell yang akan di hitung jumlah banyak. Namun apabila jumlahnya hanya sedikit misalnya hanya ada dua cell, maka peran Sum bisa digantikan dengan simbol tambah (+). Simbol tambah tidak akan efektif apabila cell yang dihitung jumlahnya banyak karena harus menuliskan / menyebutkan nama cell yang akan dihitung. Misalnya kita ketikan sejumlah angka pada cel A1 sampai A10, maka cara penulisan rumusnya adalah sebagai berikut : 

=Sum(A1:A10)
atau 
=A1+A2

Average

Berfungsi untuk mengitung rata-rata nilai pada suatu range. Hampir sama dengan fungsi Sum, peran Average bisa digantikan dengan simbol bagi ( / ) jika cell yang di hitung sedikit. Misalnya kita ketikan sejumlah angka pada cel A1 sampai A10, maka cara penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :

=Average(A1:A10)
atau
=A1/A2

Max

Fungsi ini untuk menentukan nilai tertinggi / terbesar pada suatu range. Misalnya kita ketikan sejumlah angka pada cel A1 sampai A10, maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :

=Max(A1:A10)

Min

Fungsi ini untuk menentukan nilai terendah / terkecil pada suatu range. Misalnya kita ketikan sejumlah angka pada cel A1 sampai A10, maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut :

=Min(A1:A10)

Count

Berfungsi untuk menghitung banyaknya data yang kita ketikan pada suatu range. Misal, kita ketikan data pada 8 cell diantara cell A1 sampai A10, maka penulisan rumusnya adalah :

=Count(A1:A10)

Maka hasilnya adalah 8, karena kita mengetikan angkanya hanya ada pada 8 cell.

Cara menggunakan Sum, Average, Max, Min dan Count

Perhatikan Tabel Berikut :

Cara Menggunakan Sum :

Kolom "G" berfungsi untuk menghitung jumlah, penulisan rumusnya adalah :
Baris nomor 1 : =Sum(D3:F3)
Baris nomor 2 : =Sum(D4:F4)
Baris nomor 3 : =Sum(D5:F5)
Baris nomor 4 : =Sum(D6:F6)
Baris nomor 5 : =Sum(D7:F7)

Cara Menggunakan Average :

Kolom "H" berfungsi untuk menghitung rata-rata, rinciannya adalah :
Baris nomor 1 : =Average(D3:F3)
Baris nomor 2 : =Average(D4:F4)
Baris nomor 3 : =Average(D5:F5)
Baris nomor 4 : =Average(D6:F6)
Baris nomor 5 : =Average(D7:F7)

Cara Menggunakan Max:

Kolom "I" berfungsi untuk menghitung nilai tertinggi, rinciannya adalah :
Baris nomor 1 : =Max(D3:F3)
Baris nomor 2 : =Max(D4:F4)
Baris nomor 3 : =Max(D5:F5)
Baris nomor 4 : =Max(D6:F6)
Baris nomor 5 : =Max(D7:F7)

Cara Menggunakan Min:

Kolom "J" berfungsi untuk menghitung nilai terendah, rinciannya adalah :
Baris nomor 1 : =Min(D3:F3)
Baris nomor 2 : =Min(D4:F4)
Baris nomor 3 : =Min(D5:F5)
Baris nomor 4 : =Min(D6:F6)
Baris nomor 5 : =Min(D7:F7)

Cara Menggunakan Count :

Kolom "K" berfungsi untuk menghitung banyaknya data, rinciannya adalah :
Baris nomor 1 : =Count(D3:F3)
Baris nomor 2 : =Count(D4:F4)
Baris nomor 3 : =Count(D5:F5)
Baris nomor 4 : =Count(D6:F6)
Baris nomor 5 : =Count(D7:F7)

Maka hasilnya ditunjukan pada gambar berikut :
Catatan : penulisan rumus tidak tergantung dari besar kecilnya huruf.

Previous Post
Next Post

0 komentar: